Badai finansial dunia, Saatnya Indonesia Bangkit

Gila! itu kata yg terpikir dari benak gw sekarang , amerika rontok , perusahaan perusahaan raksasa gulung tikar, seperti Lehman Brothers, AIG di Bailout Federal reserve, Bear stearn di akuisisi oleh JP Morgan yg di otaki sama FED, Merry linch di akuisisi Bank of America, semua financial institution rontok, sekarang amerika menuai getahnya akibat keserakahan mereka atas penguasaan finansial dunia. haha , emang akhirnya setinggi tingginya tupai meloncat pasti akan jatuh juga.

Sekarang keadaanya keruntuhan kerajaan finansial amerika ini membawa badai tsunami yg sangat besar bagi capital market dunia, semua bursa di dunia satu persatu rontok tidak terkecuali dengan Bursa saham tercinta kita BEI. IHSG terus merosot dari awal tahun 2008 di posisi 2700 dan sekarang ada di posisi 1465, keambrukan ini harusnya tidak semakin menjadi jadi , memang bisa dimengerti jika para raksasa hedge fund menarik dananya di semua dunia untuk menutupi kerugian mereka di pasar amerika , dana asing tersedot keluar dari IHSG dalam jumlah besar, tapi hal ini diperparah dengan investor Indonesia yg bertipe “Follower” , mereka jg mengikuti para inevstor asing yg menarik dananya dari Indonesia. Apalagi dengan seruan JP Morgan yg menyarankan agar para investor mengikuti jejaknya untuk menjauhi SUN Indonesia, hal itu sangatlah tidak pantas dilakukan oleh perusahaan besar sekelas JP Morgan di saat financial crisis seperti ini .

Jika kita menengok pada ketahanan ekonomi Indonesia sendiri padahal  kita dan pada umumnya negara negara asia adalah negara yg saat ini mempunyai ekonomi yg kuat, dilihat dari cadangan devisa kita yg mencapai 58 Milliar USD, pertumbuhan ekonomi kita pun jauh lebih baik dibanding dengan amerika, jika sekarang  IHSG berada pd 1465 maka itu adalah harga yg sangat murah , fundamental perusahaan2 di Indonesia pun tidak ada yg mengalami masalah signifikan, roda perekonomian tetap berjalan sebagai mana mestinya  ,hal ini adalah murni sentimen negatif dari dunia, maka ini adalah timing yg sangat tepat untuk kita masyarakat Indonesia untuk memulai berinvestasi di pasar saham Indonesia, jika semua masyarakat Indonesia menanamkan investasinya di Bursa efek Indonesia maka pasar saham kita tidak lagi dikendalikan oleh sektor asing , tidak lagi terpengaruh oleh sentimen sentimen negatif dari luar. Sekarang bisa dilihat semua saham saham blue chip seperti Telkom, Aneka tambang, Bumi resources, Astra Internasional, Bank Mandiri semua diperdagangkan dengan  harga yg sangat murah, dan begitu krisis finansial mereda maka percayalah pasar saham kita akan lebih cepat bangkit karena sebenarnya tidak ada masalah sama sekali dengan perusahaan perusahaan di Indonesia dan keadaan ekonomi Indonesia sendiri.

Sekarang saatnya kita bangkit dan mulai mencintai negeri kita sendiri.
Viva Indonesia

                                                                                                                              -wisnu-

2 Responses to Badai finansial dunia, Saatnya Indonesia Bangkit

  1. joe says:

    Good Overview Wisnu,

    Tapi jangan lupa bahwa kita tidak bisa secara keseluruhan menyalahkan kondisi market global khususnya amerika dan antek2nya terhadap apa yang terjadi pada krisis pasar modal yang menimpa Indonesia saat ini.

    Kenyataannya, Pemerintah sendiri meninggalkan banyak ruang yang memungkinkan para investor-investor nakal tetap exist. Contohnya saya hot money yang sudah terlalu banyak beredar sampai dengan kelakuan para investor-investor bandel untuk melakukan short-selling.

    Di sisi lain pemerintah juga tidak bisa meyakinkan masyarakat utk tetap percaya dan tidak berlaku panik pada kondisi saat ini, bahkan Presiden SBY-pun sampai turun tangan untuk menghimbau masyarakat secara langsung. Alhasil, masih banyak masyarakat yang dengan sangat awamnya memutuskan untuk melakukan penarikan investasi sebanyak2nya, bahkan menyuarakan untuk menyimpan investasinya dalam bentuk hard cash atau uang tunai..Akibatnya tentu saja semakin memperkeruh suasana saat ini…

    Oleh karena itu menurut saya penting terlebih dahulu pemerintah untuk ‘menyentuh’ masyarakat dalam hal ini sehingga kembali percaya kepada pemerintah Indonesia yang mudah-mudahan dengan cepat dan efektif bisa melakukan strategi yg tepat untuk mengatasi krisis pasar modal yang terjadi sekarang.

  2. Vita says:

    Ya..ya..ya..ya…
    Emang bener klo setinggi2 tupai melompat, akhirnya jatuh juga. Amerika terlalu menganggap dirinya Adikuasa…sekarang mereka lagi ngerasain roda yag berputar dan posisinya lagi di bawah.. Pelajaran bagi mereka supaya lebih humble & menghargai orang lain (negara lain).

    Buat Market Indonesia sendiri sebenernya emang harusnya bisa baik2 saja. Cuman emang karena kita segala sesuatunya westernisasi, sampe2 market jg ngikut2 barat.

    Bener Nu, g setuju klo udah saatnya kita sayangi negeri sendiri, cinta Indonesia.
    Banyak orang2 Indonesia yang berpotensi untuk turut serta mengembangkan kemakmuran negara, tapi masih banyak juga yg belum paham (awam).
    Makanya, kader2 kaya lo (qta sie ;p), memberikan informasi bagaimana caranya memajukan Indonesia dari sisi ekonominya.

    Kita ajak mereka ikut masuk ke pasar modal dan ngembangin wealth pribadi dan negara..hahahahahaha…

    Peace ach..

Leave a comment